bika ambon dari medan

Berasal dari Medan, Mengapa Namanya Bika Ambon?

Kuliner

Siapa yang mengira jika kue lezat yang sangat wangi bernama bika ambon itu asalnya dari Ambon?

Mungkin sebagian dari kamu pernah beranggapan seperti ini.

Nama Ambon menjadikan patokan jika kue bika ini berasal dari Ambon. Padahal ternyata Bika Ambon ini adalah panganan lezat yang asalnya dari Medan.

Wah kenapa dinamakan bika ambon ya?

Terdapat beberapa versi cerita mengapa dinamakan bika ambon padahal kue berongga ini tidak ditemui di Kota Ambon.

Kue bika ini sudah banyak memiliki penggemar sejak zama kerajaan Majapahit. Di kawasan Majapahit ini banyak sekali para penjual bika ambon dan menjadi pusatnya penjualan bika ambon yang berada di Medan.

Jadi sejarah mengapa dinamakan bika Ambon adalah di zaman dulu kue bika ini banyak sekali dijual di daerah simpang jalan Ambon, Sei Kera Medan.

Karena banyaknya dan sangat populer para penjual di daerah itu akhirnya itu menjadi kebiasaan para masyarakat mengenal bika yaitu yang memang di produksi di jalan Ambon tersebut. Lalu hingga sekarang banyak yang mengenalnya dengan sebutan bika ambon.

Kini seiring dengan semakin banyak inovasi bika ambon ini tidak hanya ada rasa original tapi juga rasa pandan, durian, keju, coklat dan lainnya.

Hingga kini kue ini pun masih menjadi primadona dan sebagai teman yang pas untuk dinikmati saat minum teh atau kopi.

Untuk membuat bika ambon yang baik dan tidak terlihat bantat pun harus memilih bahan yang tepat.

Santan kelapa yang segar dan kelapa yang cukup tua adalah salah satu bahan campuran dalam adonan yang akan membuat hasil kue bika ambon nanti menjadi matang dengan rasa dan bentuk yang pas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *