Asal-Usul Nama Banyumas

Sejarah

Banyumas. Salah satu kabupaten di wilayah Jawa Tengah ini, memiliki pesona yang luar biasa. Betapa tidak, banyak sekali tempat yang dapat anda kunjungi untuk berwisata, kulinernya pun tak kalah beragam dengan rasa yang menggoda selera. Pun ditambah dengan aneka kebudayaan dan kesenian daerah.

Asal mula nama Banyumas, berawal dari sebuah cerita yang hingga kini masih terpatri di jiwa masyarakat Banyumas.

Ada sebuah daerah yang cukup luas dengan nama Selarong. Pada suatu hari, Selarong kedatangan seorang tamu. Seorang pengelana yang datang dengan berkuda. Tingkah laku yang aneh, memicu kecurigaan para masyarakat desa. Sehingga, ia pun dijebloskan ke dalam tahanan.

Waktu pun berlalu. Selarong mengalami sebuah kekeringan hebat akibat kemarau panjang. Sungai Serayu yang airnya berlimpah pun kini nyaris habis. Warga pun berbondong-bondong menggali tanah demi setetes air.

Berita itupun sampai terdengar oleh si tahanan. Pada saat bersamaan gumpalan awan hitam memenuhi langit Selarong. Dan tak lama kemudian turunlah hujan yang begitu lebat.

Warga desa sangat bergembira, dan mengucapkan kata banyu berulang-ulang disertai dengan kata emas oleh warga desa lainnya. 2 kata yang terucap itu secara tak sadar diucap berulang dengan serempak, banyu emas.

Setelah keberkahan tersebut, akhirnya tahanan dibebaskan dan konon ia pergi ke suatu bukit untuk berguru pada seorang sakti.

Hari jadi kabupaten Banyumas tanggal 6 April 1582 M, sesuai dengan hari dimana Raden Joko Kaiman disahkan sebagai adipati. Itulah sekilas asal usul nama Banyumas. Yang artinya Air bagaikan Emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *