Hadiri Kompas 100 CEO Forum, Ketum FORSA IKN Sebut IKN jadi Tonggak Indonesia Emas 2045

Hadiri Kompas 100 CEO Forum, Ketum FORSA IKN Sebut IKN jadi Tonggak Indonesia Emas 2045

Hainusantara.com - Pemerintah terus mengupayakan berbagai cara untuk membuat Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur semakin ramai. Salah satu strateginya adalah dengan menggelar berbagai acara besar yang melibatkan ribuan peserta. Misalnya, Nusantara Fun Run 2024 yang berhasil menarik 3.128 peserta sekaligus memperingati HUT ke-79 TNI.

IKN kini juga dibuka untuk umum, dan masyarakat terus berdatangan setiap harinya hingga pukul 17.00 WITA

Tak hanya itu, pada 11-12 Oktober 2024, digelar juga Kompas 100 CEO Forum yang diselenggarakan oleh Harian Kompas bekerja sama dengan PT PLN (Persero). Forum ini mengangkat tema "Bersatu Menuju Indonesia Emas" dan berlangsung di Istana Negara IKN.

Edisi ke-15 dari Kompas 100 CEO Forum ini mengundang para pemangku kepentingan untuk melihat pencapaian 10 tahun terakhir, serta membahas arah kebijakan ke depan di berbagai sektor guna mewujudkan visi Indonesia Emas.

Pada hari pertama, Jumat 11 Oktober 2024, forum utama berlangsung mulai pukul 13.30–17.30 Wita dengan diskusi yang menghadirkan berbagai Menteri, seperti Luhut Binsar Pandjaitan, Budi Gunadi Sadikin, Budi Karya Sumadi, dan Teten Masduki. Tak ketinggalan, Ketua Umum Forum Bersama Ibu Kota Nusantara (FORSA IKN) Ariasa Hadibroto Supit, juga turut hadir.

Dalam pernyataannya, Ariasa menyebutkan, "IKN akan menjadi tonggak penting dalam mewujudkan Indonesia Maju, menyongsong Indonesia Emas 204. Ini bukan hanya soal infrastruktur, tetapi juga tentang masa depan bangsa."

Diskusi ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu "Fondasi dan Capaian 10 Tahun" dan "Langkah Strategis Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen".

Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, juga turut memberikan arahan.

Pada malam harinya, digelar acara The CEO Gala Dinner dengan hiburan dari Elek Yo Band, Buldozer Band, dan Yuni Shara, serta beberapa CEO yang turut tampil.

Keesokan paginya, Sabtu 12 Oktober 2024, Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono memimpin kegiatan jalan bersama di Embung MBH dan Sumbu Kebangsaan.

Acara-acara ini menjadi bagian dari upaya menciptakan keramaian di IKN dan menunjukkan perkembangan infrastruktur serta potensi besar yang ditawarkan ibu kota baru ini.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال