Ade Yuniar, Puteri Rawang Panca Arga Berhasil Raih Medali di PON XXI Aceh - Sumut

Hainusantara.com - Kabar baik bagi Kabupaten Asahan datang dari gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XII Aceh - Sumut. Salah satu Puteri asal Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan, Ade Yuniar berhasil meraih medali perunggu pada cabang olahraga Petanque. Medali ini berhasil ia dapat dari kategori beregu putri.

"Cabor Petanque, Ade Yuniar atlet Asahan perkuat kontingen Sumut meraih medali Perunggu di nomor beregu putri pada PON XXI Aceh-Sumut 2024," tulis KONI Asahan dalam media sosial resmi pada Minggu (15/9/2024).

Petanque adalah olahraga yang dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang menjadi sasaran. Petanque berasal dari Prancis yang merupakan pengembangan dari permainan zaman Yunani Kuno sekitar abad ke-6 Sebelum Masehi. Olahraga ini bisa dimainkan secara individu maupun beregu, dan biasanya dimainkan di lapangan berukuran 4 meter x 15 meter.


Baca juga: Biografi Singkat Marah Rusli: Pelopor Sastra Modern Indonesia yang Tak Terlupakan


Ade Yuniar sendiri mulai aktif berlatih petanque sejak bersekolah di Madrasah Aliyah Negeri Kisaran. Sekarang, Ade sedang semester akhir di Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Universitas Negeri Medan.

Sebelumnya, Ade Yuniar acap kali turut serta dalam ajang kompetisi olahraga petanque baik di dalam maupun di luar negeri.