The Seven Summits of Indonesia (7 Puncak Tertinggi di Indonesia)

Tempat

Jika Seven Summit merujuk pada tujuh puncak tertinggi dunia di tujuh benua berbeda—walaupun pada kenyataannya ada 9 opsi untuk kategori ini—serupa tapi tak sama, The Seven Summits of Indonesia adalah tujuh puncak paling tinggi di 7 kepulauan besar Indonesia; Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara (Termasuk Bali), Kepulauan Maluku, dan Papua. Mana saja yang termasuk dalam daftar Seven Summits of Indonesia ini, simak daftar di bawah ini.

1. Gunung Kerinci (Puncak Tertinggi Pulau Sumatra)

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di pulau Sumatra. Dengan puncaknya, Indrapura, 3.805 mdpl. Gunung yang berada di antara Jajaran Bukit barisan yang membentang antara perbatasan provinsi Sumatra Barat dan Jambi ini, adalah gunung berapi tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Gunung Kerinci termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, wilayah Taman Nasional yang menjadi habitat asli harimau dan badak sumatra.

2. Gunung Semeru (Puncak Tertinggi Pulau Jawa)

Gunung Semeru

Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl), merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi ketiga tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Rinjani. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Danau Ranu Kumbolo-nya terkenal sebagai surga di bawah kaki bukit Mahameru.

3. Gunung Bukit Raya (Puncak Tertinggi Pulau Kalimantan)

Puncak gunung tertinggi di Kalimantan yang termasuk dalam kawasan Indonesia adalah Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 mdpl. Gunung ini tidak aktif (bukan gunung berapi), terletak di wilayah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Kawasan di sekitar Bukit Raya adalah cagar alam yang bergabung dengan Cagar Alam Bukit Baka di Kalimantan Barat; Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya.

4. Gunung Latimojong (Puncak Tertinggi Pulau Sulawesi)

Puncak tertinggi di pulau Sulawesi adalah Gunung Latimojong dengan puncak tertingginya mencapai 3.478 mdpl. Gunung yang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ini bukan gunung berapi. Sebagian besar wilayah pengunungannya berada di wilayah Kabupaten Enrekang; wilayah sebelah utara Gunung Latimojong termasuk dalam Kabupaten Tana Toraja, wilayah sebelah selatan adalah Kabupaten Sidenreng Rappang, dan area sebelah timur termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Luwu.

Baca juga: Sepenggal Kisah Persahabatan Soekarno dan Hatta

5. Gunung Rinjani (Puncak Tertinggi Kepulauan Nusa Tenggara-Bali)

Gunung Rinjani

Puncak tertinggi di Pulau Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung berapi ini berada di pulau Lombok provinsi Nusa Tenggara. Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Gunung Rinjani terkenal karena keindahan alam dan pemandangannya, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Baca juga: 3 Fakta Soal Bung Karno yang Belum Banyak Diketahui

6. Gunung Binaia (Puncak Tertinggi Kepulauan Maluku)

Gunung Binaia

Gunung tertinggi di kepulauan Maluku adalah Gunung Binaia (Binaiya) dengan puncaknya mencapai ketinggian 3.055 mdpl. Gunung ini berada di wilayah Pulau Seram, Maluku. Gunung Binaia termasuk dalam lingkup Taman Nasional Manusela yang mempunyai vegetasi Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.

7. Puncak Jaya, Pegunungan Sudirman (Puncak Tertinggi Pulau Papua)

Puncak Jaya

Puncak gunung tertinggi di pulau Papua adalah Pucak Jaya—atau di dunia dikenal sebagai Cartenzs Pyramid —dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Puncak Jaya merupakan bagian dari Pegunungan Maoke (Barisan Sudirman) yang juga masuk dalam jajaran Seven Summits (tujuh puncak tertinggi di dunia) versi Reinhold Messne; mewakili kawasan Oceania.

Baca juga: Wanita Berjasa di Balik Buku Panduan Membaca INI BUDI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *