great wall koto gadang

The Great Wall of Koto Gadang, Tembok Besar di Bukittinggi

Tempat

Siapa bilang tembok raksasa yang legendaris itu hanya ada di China?

Ternyata Indonesia juga tak kalah dengan China. Karena di 90 KM dari Kota Padang tepatnya Bukittingi, terdapat sebuah obyek wisata menarik yang menyerupai tembok raksasa China. Obyek wisata tersebut bernama The Great Wall of Koto Gadang.

 

Ide untuk Mendirikan Great Wall of Koto Gadang

Ide tentang Greatwall of Koto Gadang pertama kali digagas oleh Azwar Anas. Azwar yang pernah menjabat sebagai gubernur Sumatera Barat mengemukakan gagasan tersebut untuk mewujudkan tempat wisata baru di Kota Padang.

 

Baca juga:

 

Realisasi proyek Great Wall Koto Gadang akhirnya mulai dijalankan dengan bantuan dan pendanaan dari para perantau Koto Gadang.

Asal nama Great Wall Koto Gadang sendiri berasal dari daerah-daerah yang berada di bawah jalur tembok tersebut. Daerah-daerah tersebut adalah Nagari Kota Gadang, Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam, Ngarai Sianok, dan Kota Bukittinggi.

 

Apa Saja yang Menarik dari Great Wall of Koto Gadang?

Ukurannya memang tidak sepanjang dan sebesar Greatwall of China. Namun panjang 1 km dengan jalur pendakian yang menantang tentu cukup untuk membuat para pengunjung merasa takjub.

Kita butuh persiapan stamina yang baik agar bisa menyelesaikan wisata di Greatwall of Koto Gadang. Di bagian kiri dan kanan Greatwall Koto Gadang, terdapat pemandangan indah berupa lembah yang asri ditetumbuhi pepohonan.

Tak cuma berjalan di antara tembok-tembok kokoh saja, wisatawan yang berkunjung ke Greatwall of Koto Gadang juga berkesempatan melintasi jembatan gantung yang ada di atas sungai. Adrenalin kita pasti akan terpacu ketika harus melewati jembatan gantung berkapasitas 10 orang tersebut. Sementara untuk kembali ke lokasi pintu gerbang, ada 1000 anak tangga yang menanti untuk dilewati.

Panorama indah dan keunikan bentuk Great Wall of Koto Gadang membuat tempat wisata ini selalu menarik untuk dikunjungi. Belum ke Padang rasanya jika belum mengunjungi dan berfoto di Greatwall of Koto Gadang.

Pendirian Great Wall of Koto Gadang tidak hanya untuk tujuan wisata semata, tetapi juga untuk meningkatkan kreativitas dan ide bisnis masyarakat sekitar.

Usai mengunjungi Great Wall of Koto Gadang, jangan lupa singgah ke obyek wisata lainnya seperti Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Benteng Fort de Kock serta Lubang Jepang. Selamat berekreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *