javan Surili

Surili Monyet Imut Pemalu, Primata Endemik Jawa Barat

Fauna

Lucu dan manis, mungkin itu kesan yang akan ditangkap tiap orang yang melihat tingkah polah Surili, monyet endemik yang hidup utamanya di Jawa Barat. Surili bukan termasuk primata yang pede mendekati manusia. Namun melihat “style”-nya yang unik membuat Surili menonjol di kelas primata.

Ciri Fisik Surili

Prebystis Comata alias Surili, monyet yang dapat di temukan di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ini bertubuh sedang, cenderung imut. Beratnya sekitar 6-8 kg dengan panjang tubuh sekitar 60 cm. Ekor Surili lebih panjang dari tubuhnya, dapat mencapai 72 cm.

Bulunya berwarna cokelat, abu-abu atau hitam dengan warna bulu bagian perut dan dada yang pucat. Jambul jabrik yang memahkotai kepala Surili menambah kesan “keren” hewan ini.

Wajahnya berwarna keputihan atau kehitaman tanpa bulu. Suara hewan yang gemar makan daun muda dan kuncup daun ini melengking, kontras dengan sifatnya yang pemalu.


Pembawaan Sifat Surili

Surili tergolong hewan pemalu. Alih-alih mendekati dan “merayu” manusia untuk diberi makan, ia memilih tetap bergelantungan di pohon. Hanya mereka yang sudah sering berinteraksi dengan Surili yang bisa akrab dengan hewan ini.

Baca juga: Rusa Bawean (Axis Kuhlii), Satwa Endemik Indonesia yang Langka

Surili lincah beraksi di atas pohon sambil mengeluarkan suara nyaring. Sebagaimana mamalia pada umumnya, Surili menjalin kasih sayang yang hangat dengan anak-anaknya.

Namun meski kurang percaya diri berbaur dengan manusia, monyet ini sangat dilindungi dan ditangkar khusus demi menjaga keberadaannya yang sudah hampir punah.

Maskot PON 2016

Surili telah menjadi maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, yang telah dihelat di Jawa Barat pada September 2016.

Baca juga: Pesona Unik Danau Salju, Danau Kaolin Belitung

Maskot PON ke-19 tersebut menggambarkan Surili berbulu abu-abu versi kartun. Memadukan unsur budaya dan sport, maskot surili mengenakan iket Sunda di kepalanya, plus sepatu sneakers berwarna merah.

Perpaduan sport dan budaya juga tampak pada pakaiannya, kaos putih dengan aksen hijau di leher baju dan kuning-merah di lengan baju, dipadankan celana hitam khas Sunda.

Baca juga: 5 Oleh-Oleh Khas Bandung yang Paling Terkenal

Gaya maskot pun tampak ceria dengan wajah Surili yang tersenyum sambil mengacungkan jempol.

Dipilihnya surili sebagai maskot PON karena hewan ini salah satu endemik di Jawa Barat. Di samping itu, sifat surili yang lincah juga sesuai dengan tema ajang olahraga yang tentunya menampilkan kelincahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *