Pesona Unik Danau Salju, Danau Kaolin Belitung

Tempat

Terdapat fenomena alam yang indah dan unik berupa danau biru lengkap dengan pasir di sekitarnya yang seputih salju di Belitung tepatnya di daerah desa Air Raya, Tanjung Pandan. Daya pikatnya yang khas cocok sebagai lokasi wisata alternatif selain obyek wisata terkenal lainnya seperti danau Kawah Putih Tinggi Raja.

Uniknya, lokasi ini masih belum ramai pengunjung. Kemungkinan besar penyebabnya adalah masih minimnya informasi serta perhatian dari pemerintahan setempat meski danau Kaolin berpotensi sangat besar untuk menarik banyak wisatawan.

Nama Kaolin sendiri diambil dari nama sebuah mineral yang digunakan untuk bahan baku kosmetik, kertas dan pasta gigi. Konon ceritanya, danau ini semula adalah situs penggalian Kaolin yang kemudian berhenti beroperasi dan ditinggalkan. Setelah ditinggal dalam waktu yang lama, air mulai mengisi setiap cekungan dan bekas penggalian yang ada. Berkat sisa-sisa kandungan mineral yang timbul karena penggalian, air berubah menjadi sebiru langit dan pasir menjadi seputar salju.

 

Baca juga:

 

Air pada danau ini aman, sehingga banyak dari pengunjung yang menggunakannya untuk berendam bahkan berenang. Airnya pun tidak mengandung belerang sehingga tidak terasa panas dan lokasi ini terhindar dari aroma tidak sedap akibat belerang.

Meski aman, sebaiknya jangan mengkonsumsi air secara langsung. Beberapa orang percaya air di Danau ini mempunyai manfaat yang bagus untuk kulit.

Kerap kali danau salju ini dijadikan obyek foto bagi mereka pecinta fotografi. Ada pula pasangan yang memanfaatkannya sebagai lokasi pilihan foto pre-wedding.

Sangat disayangkan lokasi seindah ini belum ada pengelolanya sehingga tidak ada fasilitas-fasilitas pendukung wisata seperti toilet, outlet-outlet makanan dan lain sebagainya.

 

Cara menuju Danau Kaolin

Menuju ke tempat ini cukup mudah. Dari Tanjung Pandan, hanya memakan waktu sekitar sepuluh menit saja. Namun disarankan agar Anda membawa kendaraan pribadi atau menyewanya karena sulitnya angkutan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *