institut pertanian bogor ipb

Kiprah dan Prestasi Dosen-Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pendidikan


Institut Pertanian Bogor adalah adalah universitas negeri di Indonesia yang memiliki kulitas yang tidak diragukan. Setiap tahun banyak calon mahasiswa berbondong-bondong memilih IPB sebagai tempat impian untuk menuntut ilmu.

Kualitas IPB terus terjaga di antaranya berkat tenaga pendidik yang mumpuni dalam membimbing serta penuh prestasi. IPB tak pernah sepi dari berita mengenai dosen pengajar yang berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini juga secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi kualitas mahasiswa.

Ada 1.300 tenaga pendidik di IPB yang mahir di bidangnya telah mendedikasikan hidupnya untuk membimbing dan mentransfer ilmu yang mereka punya untuk mahasiswa dan dunia ilmu pengetahuan pada umumnya. Mereka berupaya sedemikian rupa untuk membentuk lulusan IPB sebagai individu yang berkarakter positif, memiliki jiwa enterpreneur dan kepemimpinan yang kuat, cerdas, serta berintegritas. Atas dedikasi inilah telah lahir juga banyak mahasiswa yang berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat semenjak IPB berdiri hingga kini.

Prestasi yang diberikan begitu beragam terutama pada bidang pertanian, kelautan, dan juga biosains tropika. Buah karya dan riset dosen IPB berprestasi seringkali menjadi rujukan akademis banyak kalangan, termasuk kalangan masyarakat umum yang bisa mengakses buku-bukunya di ipbpress.com. Dengan demikian jelaslah bahwa siapa pun dapat merasakan manfaatnya, tidak hanya untuk lingkungan IPB saja. Masyarakat dapat mendapatkan ilmu yang dapat berguna di banyak bidang, dari mulai bidang pertanian hingga bidang teknologi.

Kiprah dosen IPB secara cemerlang telah menyumbangkan karya dan hasil penilitian untuk dunia pendidikan Indonesia. Sejak tahun 2008, mereka telah menjadi dominasi dalam Inovasi Indonesia Paling Prospektif menurut Business Innovation Center (BIC) – Kemenristekdikti RI. Para pendidik IPB hampir selalu berada di posisi tiga besar dalam penghargaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Sarwono Award, Best Syariah Awards, dan Wallacea Grant Award Council Newton Fund adalah segelintir penghargaan yang pernah disabet oleh tenaga pendidik IPB. Pada tahun 2019 saja, sudah banyak penghargaan yang didapat. IPB semakin harum namanya karena kegigihan dan dedikasi para pendidik.

Pada tahun 2019 ini kiprah civitas akademika IPB antara lain meraih dua penghargaan Academic Leader, dua penghargaan di ajang Anugerag Iptek dan Inovasi 2019, prediksi soal luas kebakaran hutan di tahun 2019, menginovasikan bibit ubi kayu yang bebas virus, membuktikan sel punca untuk anti aging, inovasi memanfaatkan kayu merbau untuk pencerah kulit, dan masih banyak lagi kiprah-kiprah lainnya yang telah disumbangkan untuk dunia pendidikan di Indonesia.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *