jadah tempe

Jadah Tempe Camilan Sederhana Nan Istimewa dari Yogyakarta

Kuliner

Ketika berkunjung ke Yogyakarta, Anda pasti tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipi gudeg. Sekadar makan siang atau dikemas untuk oleh-oleh, gudeg memang sudah identik dengan kota Yogyakarta. Tetapi ternyata Yogyakarta tak hanya punya gudeg sebagai kuliner andalannya. Camilan menarik bernama jadah tempe juga menjadi salah satu yang istimewa dari kota ini.

Apa Itu Jadah Tempe?

Jadah tempe sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut dua jenis makanan.

Jadah adalah uli yang terbuat dari adonan ketan dan kelapa. Sementara tempe yang digunakan pada camilan ini adalah tempe yang dimasak dengan cara dibacem selama beberapa jam. Direbus selama beberapa jam dengan aneka bumbu dan rempah membuat tempe bacem tersebut memiliki citarasa yang sangat kuat dan istimewa.

Tak hanya tempe, tahu bacem juga bisa menjadi pelengkap untuk menyantap jadah.

Baca juga: Kisah Manik Angkeran: Dahulu Pulau Bali dan Pulau Jawa Menyatu

Jadah tempe bisa disantap dengan cara menangkupkan tempe di antara dua buah jadah, persis seperti cara memakan burger. Sedangkan untuk mendapatkan citarasa pedas, Anda bisa menyertakan cabai rawit sebagai teman jadah tempe.

Jadah Tempe Adalah Makanan Favorit Sultan

Awalnya jadah tempe bukanlah camilan populer. Hidangan sederhana ini pertama kali dijajakan oleh Mbak Carik yang bernama asli Sastro Dinomo di sekitar kawasan Kaliurang. Saat Sri Sultan Hamengkubuwono IX berkunjung ke kawasan tersebut, beliau kemudian tertarik mencicipi jadah tempe Mbah Carik.

Di luar dugaan, ternyata Sultan menyukai camilan sederhana tersebut. Bahkan Sultan juga kerap memerintahkan para pengawalnya untuk membeli jadah tempe Mbah Carik. Sejak saat itulah jadah tempe Mbah Carik semakin populer dan dicari banyak orang. Bahkan banyak pula pedagang lain yang mulai ikut menjajakan jadah tempe.

Baca juga: Tradisi Potong Jari Suku Dani

Jadi, rasanya tentu belum ke Yogyakarta bila belum sempat mencicipi jadah tempe ala Mbah Carik. Jika belum puas menikmati kelezatannya, Anda pun bisa membawa jadah tempe sebagai buah tangan saat kembali ke kota Anda.

Jadah tempe adalah makanan yang tak boleh terlewatkan, rasa istimewa dengan harga yang terjangkau membuat jadah tempe dari Yogyakarta kian fenomenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *