buah carica pepaya gunung

Buah Carica atau Pepaya Gunung, oleh-oleh khas Dieng

Flora

Buah Carica adalah salah satu oleh-oleh khas Dieng yang diburu oleh para wisatawan. Memiliki nama latin Vasconcellea Cundinamarcensis, buah ini hampir mirip dengan buah pepaya. Meskipun sedikit berbeda, toh ia juga kerap disebut dengan pepaya gunung.

Jika anda berkunjung ke Dieng, jangan heran bila ada beberapa rumah warga sekitar yang memproduksi manisan carica, baik skala kecil hingga skala besar yang mencakup wilayah diluar Pulau Jawa.

Buah Carica memiliki rasa dan aroma yang khas. Kerap kali dijadikan sebagai manisan yang legit dan lezat. Dalam proses pembuatannya, tidaklah serumit yang dibayangkan. Proses awalnya, buah carica harus dikupas, baru kemudian daging buah dipisahkan dari biji-bijinya. Uniknya, biji-biji tersebut justru digunakan sebagai bahan rebusan untuk kuah manisan (sirup), bersamaan dengan air serta gula pasir.

Jika semua bahan sudah siap, maka yang perlu dilakukan ialah pengemasan. Kemasannya dapat berupa cup plastik maupun botol kaca. Bedanya hanya dari segi ketahanan. Botol kaca mampu membuat manisan carica tahan jauh lebih lama jika dibandingkan dengan cup plastik.

Manisan carica ini rasanya manis, harum, dan memiliki kandungan serta nilai gizi yang tinggi. Paling mantap disantap dalam keadaan dingin. Wajib coba, dijamin ketagihan!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *