Ayam Taliwang, Sajian Penggoyang Lidah ala Lombok

Uncategorized

Pernah mencicipi ayam taliwang? Sajian ayam bakar khas Lombok yang satu ini memang istimewa. Rasanya sungguh sedap dan berbeda dengan ayam bakar dari daerah lainnya di Indonesia.

Ternyata ayam taliwang memiliki sejarah perkembangan yang sangat panjang sebelum dikenal sebagai makanan khas Lombok seperti saat ini. Masyarakat Karang Taliwang dari Provinsi NTB adalah pihak yang pertama kali memperkenalkan kuliner ayam taliwang.

Berawal dari Peperangan Di Bali

Perkembangan kuliner ayam taliwang bermula sejak peristiwa perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem di Bali. Untuk menengahi peperangan tersebut, Kerajaan Taliwang di Lombok mengirimkan beberapa pasukannya.

Tugas-tugas pasukan tersebut pun sangat bervariasi. Ada yang bertugas melakukan pendekatan ke masyarakat, mengurus kuda dan logistik hingga menyiapkan makanan.

Para prajurit yang bertugas menyiapkan bahan makanan kemudian membuat menu ayam bakar dengan campuran aneka bumbu dan rempah yang sedap. Ayam bakar inilah yang menjadi cikal bakal resep ayam taliwang di masa kini.

Meski pada awalnya hanya sebagai menu istimewa pada perayaan tertentu, lama kelamaan kelezatan ayam taliwang semakin populer dan dikenal oleh masyarakat dari daerah lain.

Seperti Apa Resep Ayam Taliwang yang Legendaris Itu?

Sepintas resep ayam taliwang mungkin mirip dengan resep ayam bakar lainnya. Ayam segar yang sudah dibersihkan akan dicampurkan dengan bumbu-bumbu berupa cabe merah, bawang merah, bawang putih, cabe merah kering, kemiri, terasi, dan garam.

Penggunaan bumbu dalam jumlah yang banyak membuat rasa rempah pada ayam taliwang sangat menggoda.

Menu ayam taliwang biasanya disajikan bersama nasi hangat, plecing kangkung, dan beberuk terong.

Sebuah warung ayam taliwang sederhana pada tahun 1960-an menjadi salah satu perintis popularitas ayam taliwang di masa kini. Kabarnya, Jenderal Ahmad Yani sering singgah untuk menikmati ayam taliwang di warung tersebut. Sehingga ketenaran rasa ayam taliwang mulai populer dan diikuti oleh sejumlah pebisnis kuliner.

Belum ke Lombok kalau belum mencicipi ayam taliwang.

Kalau belum sempat ke Lombok, kunjungi saja rumah makan yang menyiapkan menu ayam taliwang di kawasan Jabodetabek. Selamat mencoba dan selamat ketagihan dengan citarasanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *