bendera indonesia

Alasan Merah-Putih Dipilih sebagai Bendera Indonesia

Sejarah

Pernahkah kita berpikir mengapa para founding father memilih desain bendera dua warna yang sederhana sebagai bendera Negara Indonesia? Apa yang istimewa dari warna merah dan putih horizontal pada bendera tersebut?

Terinspirasi dari Panji Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit yang berdiri di abad ke-13 dan berhasil menyatukan hampir seluruh wilayah Indonesia dalam wadah Nusantara menjadi sejarah berharga tersendiri bagi Indonesia. Panji kerajaan yang digunakan Majapahit ini adalah garis-garis merah putih.

Tepatnya ada 9 jalur horisontal merah-putih, 5 berwarna merah dan 4 berwarna putih pada panji Majapahit. Warnanya diperoleh dari pewarna alami. Putih dari warna kain yang ditenun dari kapas putih. Merah dari daun pohon jati, bunga belimbing wuluh, atau kulit buah manggis.

Merah-putih panji kerajaan Majapahit ini menjadi salah 1 inspirasi para tokoh pergerakan memilih dwiwarna sebagai bendera Indonesia, dengan menggunakan 1 jalur saja masing-masing warna.

 

Panji Perang Para Pahlawan

Sisingamangaraja IX di tanah Batak pada saat perang melawan Belanda mengibarkan panji merah-putih, bergambar pedang kembar “piso gaja dompak”.

Begitu pun para pahlawan kemerdekaan Aceh, menggunakan umbul-umbul merah dan putih yang dibelakangnya terdapat gambar pedang, bulan bintang, dan ayat Al-Quran saat bergerilya melawan Belanda.

Pangeran Diponegoro juga menggunakan panji merah-putih saat perang mengusir penjajah Belanda di perang Jawa.

Tradisi perlawanan terhadap penjajah dengan simbol pengibaran bendera Merah-Putih berlanjut hingga 1900-an oleh para mahasiswa Hindia Belanda. Sampai pada kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 bendera ini pun ditetapkan sebagai bendera negara.

 

Filosofi Merah-Putih

Merah-Putih bukan sekedar warna yang kebetulan ada di alam. Merah dan putih masing-masing memiliki filosofi tersendiri.

Bagi masyarakat Nusantara khususnya Jawa, warna merah melambangkan gula aren sedang putih melambangkan nasi. Dua bahan makanan khas nusantara yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Maka kedua warna ini mencerminkan pribadi bangsa Indonesia.

Merah juga bermakna raga dari warna darah sedang putih bermakna jiwa. Maka merah-putih yang bersatu bermakna jiwa dan raga yang menyatu.

Selain itu, merah juga mencerminkan keberanian dan putih mencerminkan kesucian. Dua kepribadian yang saling menyeimbangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *